Click Here For Free Blog Templates!!!
Blogaholic Designs

Pages

Kamis, 28 Juli 2016

SENTRA BERMAIN DI AVICENNA ISLAMIC PRESCHOOL AND DAYCARE




by. Yunita, M.Pd.


Apa itu sentra? bunda dan ayah pasti sudah mendengar sentra bermain saat anak di sekolah, namun jika bunda dan ayah belum mengetahui sentra itu apa, yuk ikuti pemaparan kita berikut ini. 

Sentra adalah model pembelajaran yang biasa diterapkan di Pendidikan Anak Usia Dini. Sentra bermain adalah zona atau area main anak yang dilengkapi dengan seperangkat alat main, berfungsi sebagai pijakan lingkungan yang diperlukan untuk mendukung perkembangan anak. Di Avicenna menggunakan sistem pembelajaran sentra juga loh, biasanya sentra dilakukan secara moving class, setiap kelas atau ruangan terdiri dari 1 sentra bermain. Di Avicenna, kita memiliki beberapa sentra bermain agar anak dapat mengeksplor lingkungannya dengan baik.  Dalam sentra ini terdiri dari 4 jenis pijakan (scaffolding) untuk mendukung perkembangan anak, yaitu (1) pijakan lingkungan main; (2) pijakan sebelum main; (3) pijakan selama main; dan (4) pijakan setelah main.

Sentra yang dibuka di Avicenna terdiri dari :

1. Sentra Persiapan

Di sentra persiapan biasanya anak-anak bermain dan distimulasi agar perkembangan motorik halusnya dapat berkembang dengan baik serta mempersiapkan anak ke Sekolah Dasar nanti. Kegiatan yang dilakukan di sentra ini yaitu menebalkan titik-titik, menggambar, mewarnai, bermain games alphabet, bermain games angka, melipat dan lain sebagainya.

2. Sentra Pembangunan 

Di sentra pembangunan, anak disiapkan mainan berupa balok berbagai bentuk dan ukuran. Selain itu ada lego, lesi, mobis. Dalam sentra pembangunan ini anak belajar banyak hal dengan cara  menyusun balok, lego, lesi dsb sesuai dengan imajinasinya, sentra ini dapat mengembangkan logika matematika anak atau berhitung permulaan, kemampuan berpikir dan memecahkan masalah.
berisi berbagai macam balok dalam berbagai bentuk, ukuran, warna, dan tektur. Disini anak belajar banyak hal dengan cara menyusun / menggunakan balok, mengembangkan kemampuan logika matematika / berhitung permulaan, kemampuan berpikir dan memecahkan masalah

Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ
berisi berbagai macam balok dalam berbagai bentuk, ukuran, warna, dan tektur. Disini anak belajar banyak hal dengan cara menyusun / menggunakan balok, mengembangkan kemampuan logika matematika / berhitung permulaan, kemampuan berpikir dan memecahkan masalah

Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ
berisi berbagai macam balok dalam berbagai bentuk, ukuran, warna, dan tektur. Disini anak belajar banyak hal dengan cara menyusun / menggunakan balok, mengembangkan kemampuan logika matematika / berhitung permulaan, kemampuan berpikir dan memecahkan masalah

Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ






3. Sentra Music and Dramatic Play

Di Sentra musik anak diajak mengenal berbagai macam alat-alat musik, sensitif terhadap suara, bernyanyi, menari dan berkreasi membuat musik dari berbagai alat yang ada di lingkungannya. Alat musik apa saja agar anak dapat mengembangkan sensitivitas bermusiknya? Avicenna menyediakan alat musik angklung, gitar, tv, radio, dvd, alat-alat musik tradisional sederhana, dan alat-alat musik yang anak buat sendiri dari barang bekas.

Sedangkan untuk Dramatic Play, anak diajak bermain memerankan berbagai macam profesi yang anak sukai dan anak inginkan. Hal tersebut dapat mengembangkan imajinasi anak, mengembangkan kreativitas hingga mengembangkan sosial emosi dengan teman sebayanya agar anak lebih mudah beradaptasi dan percaya diri. Avicenna menyediakan mainan masak-masakan, dokter-dokteran, pertukangan, boneka dan binatang, dsb. 

4. Sentra Cooking

Sentra memasak kaya dengan pengalaman unik bagi anak mengenal berbagai bahan makanan dan proses sain yang menyenangkan. Di sentra memasak anak belajar konsep matematika, sains, alam, dan sosial sehingga menunjang perkembangan kognitif, sosial-emosional, bahasa, motorik, dan juga seni, serta nilai agama. Avicenna Islamic School memiliki sentra cooking yang dibuka pada minggu pertama dan minggu ketiga setiap bulannya. Anak akan diajak untuk membuat masakan atau makanan yang dia buat sendiri dengan bimbingan guru.






5. Sentra IT
Seiring dengan berkembangnya teknologi yang semakin berkembang saat ini, Avicenna mulai membiasakan anak sedini mungkin untuk mengenal teknologi agar anak dapat bersaing di masa yang akan datang, meskipun pembelajaran IT di Avicenna disesuaikan dengan usia anak. Di sentra ini anak diajarkan untuk mengetahui penggunaan komputer, mouse, sedangkan pembelajarannya yaitu :
- Aplikasi games edukatif
- Menggambar dan Mewarnai menggunakan Paint
- Bermain mengenal angka dan mengetik sederhana dengan Ms.Word
- Membuat Kalender dan Kartu menggunakan Ms. Publisher
- Mencari gambar melalui koneksi internet dengan menggunakan google.


6. Sentra Bahan Alam dan Sains

Pada masa golden age ini, anak senang mengeksplor lingkungannya dengan cara mencoba, mempraktekan, mengetahui segala sesuatu dari  lingkungan sekitarnya. Di sentra ini anak mencoba berbagai macam permainan dari bahan-bahan yang ada di sekitarnya, melakukan sains sederhana yang pastinya akan membuat anak betah berlama-lama di sentra ini karena hand on experienceSentra bahan alam kental dengan pengetahuan sains, matematika, dan seni. Sentra bahan alam diisi dengan berbagai bahan main yang berasal dari alam, seperti air, pasir, bebatuan, daun. Di sentra bahan alam anak memiliki kesempatan menggunakan bahan main dengan berbagai cara sesuai pikiran dan gagasan masing-masing dengan hasil yang berbeda. Bahan dan alat yang digunakan akan diperhatikan sebelumnya harus bebas dari bahan beracun atau binatang kecil yang membahayakan.
Bahan-bahan yang diperlukan disentra ini adalah daun, ranting, kayu, pasir, air, batu, biji-bijian, dan lain-lain. Alat yang digunkan diantaranya sekop, corong, ember, dan lain-laian

Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ
 






Model-model sentra di atas dapat membantu anak mengembangkan pengetahuan dan kemampuannya dalam berbagai aspek, menyenangkan, hand on experience, dan tidak membuat anak bosan. Nah sekarang, apakah sekolah anak bunda dan ayah sudah menerapkan model pembelajaran sentra ini?? kalau penasaran, ayah dan bunda boleh main ke Avicenna Islamic Daycare, Playgroup and Kindergarten. Jalan Cikutra Baru III No 19 Bandung 40124 no kontaknya di 022-87787813. Atau jika ingin lewat sosmed kita memiliki Instagram yaitu Avicenna_preschool dan FB : Avicenna Daycare Playgroup Kindergarten.


0 komentar:

Posting Komentar